ATM_attack_ploutus_attack_overview_fig2 copy

Cukup dengan SMS, Hacker Mampu Kuras Uang Di ATM

ONVSOFF.com – Seruan untuk pihak perbankan untuk meng-upgrade instalasi Windows XP yang sudah ada ke versi terbaru dari Windows, jika tidak untuk fitur, maka setidaknya untuk keamanan dan dukungan yang lebih baik.

ATM pada dasarnya adalah komputer yang mengontrol akses ke uang tunai, dan ternyata, hampir 95 persen dari mereka beroperasi dengan versi Windows XP .

Dengan di tutupnya Windows XP yang dijadwalkan berlaku pada bulan April 8, 2014, industri perbankan tentu saja akan menghadapi risiko serius dari serangan cyber yang menargetkan ATM mereka. Risiko ini tidak hipotetis – itu sudah terjadi. Penjahat dunia maya menargetkan ATM dengan teknik yang semakin canggih. (Baca juga: Hacker Ciptakan Drone Pencuri Data Ponsel)

Dikutip dari Symantec, – Pada akhir 2013 , kami membuat blog tentang ATM malware baru di Meksiko, yang bisa membiarkan penyerang memaksa ATM memuntahkan uang tunai  menggunakan keyboard eksternal .

Ancaman ini bernama Backdoor Ploutus. Beberapa minggu kemudian, kami menemukan sebuah varian baru yang menunjukkan bahwa malware telah berkembang menjadi sebuah arsitektur modular. Varian baru yang juga diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, menunjukkan bahwa penulis malware  memperluas waralaba mereka ke negara-negara lain.

ATM_blog_infographic_fig1

Apa yang menarik tentang varian Ploutus?

Varian ini memungkinkan penjahat cyber dengan hanya mengirim SMS ke ATM dapat mengeluarkan semua uang yang berada di dalam ATM tersebut. Ini mungkin tampak luar biasa, tetapi teknik ini sedang digunakan di sejumlah tempat di seluruh dunia saat ini.

Menggunakan pesan SMS untuk mengontrol jarak jauh ATM adalah metode yang jauh lebih nyaman bagi semua pihak dalam skema ini.

Para Master, tahu persis berapa banyak uang yang akan keluar dari ATM dan berpura-pura sedang mengambil uang kas dari ATM seperti yang lain.(jmw-onvsoff)

Content Protection by DMCA.com