Transplantasi Kepala Pertama Di Dunia Siap Dalam 2 Tahun

Transplantasi Kepala Pertama Di Dunia Siap Dalam 2 Tahun

ONVSOFF.com – Mungkin ini terdengar seperti plot film horror yang mengerikan, mencangkokkan kepala orang hidup ke tubuh baru yang lebih sehat. Namun ahli bedah asal Italia, Sergio Canavero, yakin bahwa transplantasi kepala mungkin untuk dilakukan dalam 2 tahun kedepan, dengan biaya 7,5 juta poundsterling atau sekitar 143 millar rupiah.

Dr Canavero akan mengambil kepala dari seseorang yang mengidap penyakit yang tak tersembuhkan, seperti lumpuh dan kanker, dan memindahkannya ke tubuh yang sehat. Ini akan memberikan kehidupan baru bagi mereka penyakit motor neuron seperti Stephen Hawking, atau yang mengalami cedera tulang belakang parah seperti aktor Christopher Reeve.

Tubuh baru akan datang dari pendonor dengan tubuh sehat yang telah dinyatakan mati otak. Kepala pendonor dan pasien akan dipotong pada saat yang bersamaan. Pemotongan akan menggunakan pisau ultra-tajam untuk memberikan potongan bersih. Kepala pasien kemudian akan pindah ke tubuh donor dan dipasang menggunakan ‘lem’ yang disebut polyethylene glycol untuk menyambungkan dua ujung tulang belakang. Otot-otot dan pembuluh darah akan dijahit.

Transplantasi Kepala Pertama Di Dunia Siap Dalam 2 Tahun

Sebelumnya pasien dimasukkan ke dalam kondisi koma selama empat minggu untuk menghentikan terjadinya gerakan sementara kepala dan tubuh baru menyembuhkan bersama-sama. Pasien kemudian akan diberikan kejutan listrik ringan untuk merangsang sumsum tulang belakang dan memperkuat hubungan antara kepala dan tubuh yang baru.

Dr Canavero mengatakan bahwa jika operasi yang ia lakukan berhasil, maka transplantasi kepala tidak hanya terbatas pada mereka yang memiliki penyakit parah, namun dapat digunakan untuk memperpanjang usia seseorang. Dan jika ilmu pengetahuan mencapai tahap ketika kloning manusia menjadi hal yang mudah, manusia berusia 60 tahun bisa membuat salinan mereka sendiri, mereka dapat meletakkan kepala mereka di tubuh yang baru.

Seperti dilansir Dailymail, 25 Februari 2015, sejumlah kritik mengatakan bahwa rencana Dr Canavero hanyalah ‘fantasi’, namun Dr Canavero mengklaim telah mempelajari semua tehnik yang diperlukan. Tehnik yang dimiliki Dr Canavero sudah pernah dilakukan 40 tahun yang lalu dengan melakukan transplantasi kepala monyet, dan baru-baru ini dilakukan terhadap tikus di China.

Dr Canavero sudah memiliki daftar panjang pasien potensial, dan akan mengumumkan rencananya dalam konferensi pers beberapa bulan ke depan, dalam upaya mendapatkan dukungan untuk melakukan transplantasi pertama pada tahun 2017. (jmw-onvsoff)

Content Protection by DMCA.com