Dalai Lama: Buddha Akan Membantu Pengungsi Rohingya Yang Teraniaya

ONVSOFF.com – Dalai Lama meminta Myanmar untuk mengikuti teladan Sang Buddha dan turut serta membantu Rohingya yang dianiaya di negara itu dimana lebih dari 300.000 orang telah meninggalkan tempat mereka dan mengungsi ke Bangladesh.

Berbicara kepada wartawan di India Utara, pimpinan spiritual Tibet tersebut mengungkapkan kesedihannya atas kekerasan yang sedang berlangsung di Myanmar, dengan mengatakan bahwa Sang Buddha akan “benar-benar membantu” Rohingya.

“Mereka harus ingat, Buddha, dalam keadaan seperti itu, Buddha (akan memiliki) akan membantu orang-orang Muslim yang malang itu. Jadi, saya merasa itu (sangat) sangat menyedihkan … sangat menyedihkan,” katanya kepada wartawan.

Hampir 90% populasi Myanmar adalah umat Buddha, menurut data pemerintah, sementara Rohingya telah lama terpinggirkan karena kepercayaan Muslim mereka.

Rohingya, yang dianggap sebagai minoritas yang paling banyak dianiaya di dunia, tidak diberi hak untuk kewarganegaraannya. (Baca juga: Tanpa Rumah Dan Tanpa Harapan, PBB Klaim Rohingya Minoritas Paling Teraniaya Di Dunia)

Mereka telah menjadi subyek operasi pembersihan oleh militer Myanmar, yang terakhir meningkat pada akhir Agustus menyusul serangan terhadap pos-pos perbatasan oleh militan Rohingya.

Militan Rohingya menawarkan gencatan senjata untuk mengatasi “krisis kemanusiaan” yang sedang berlangsung di negara tersebut namun pemerintah Myanmar menolaknya, dengan mengatakan bahwa pihaknya tidak “bernegosiasi dengan teroris”.(cnn/jmw-onvsoff)

Content Protection by DMCA.com