Ditetapkan Sebagai Tersangka, Novanto Kembali Masuk RS Dan Ajukan Praperadilan

Ditetapkan Sebagai Tersangka, Novanto Kembali Masuk RS Dan Ajukan Praperadilan

Beredar foto Ketua DPR RI Setya Novanto sedang dirawat di rumah sakit, Kamis (16/11/2017) (Istimewa)

ONVSOFF.com – Akses di Rumah Sakit Media Permata Hijau, tempat dimana ketua DPR Setya Novanto dirawat, semakin dibatasi. Pihak rumah sakit memasang garis pembatas berwarna merah di depan lorong menuju ruangan Setya Novanto.

Selain garis pembatas, terlihat polisi lengkap dengan senjata laras panjang berjaga di sana.

Dikutip dari kompas.com, Febri Diansyah juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) mengingatkan agar pihak Rumah Sakit Medika Permata Hijau, Jakarta Selatan, bersikap kooperatif dengan penyidik KPK. (Baca juga: Setya Novanto Kecelakaan Saat Perjalanan Ke KPK)

“Pihak manajemen RS kami harapkan tidak mempersulit kerja penyidik KPK di lokasi. Sejauh ini ada informasi yang kami terima, pihak-pihak tertentu tidak koperatif,” ujar Febri saat dikonfirmasi, Jumat (17/11/2017) dini hari.

Menurut Febri, di lokasi tidak ditemukan dokter jaga yang bertanggung jawab. Penyidik KPK sudah membawa dokter untuk kebutuhan pengecekan tersangka Setya Novanto.

Namun, dibutuhkan koordinasi terlebih dahulu dengan dokter jaga atau dokter yang merawat.

Gugatan Praperadilan Setya Novanto

Untuk kedua kalinya Ketua DPR RI Setya Novanto mengajukan gugatan praperadilan setalah ditetapkan sebagai tersangka.

Gugatan praperadilan didaftarkan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Febri Diansyah mengatakan, gugatan praperadilan merupakan hak Novanto sebagai tersangka.

KPK, kata Febri, akan berupaya maksimal dalam menghadapi gugatan tersebut dengan memperkuat bukti dan memproses kasus e-KTP dengan lebih maksimal.

“Praperadilan merupakan hak tersangka, silakan saja. Kami akan hadapi jika itu dalam posisi pada waktunya akan dihadapi,” ujar Febri, di gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (16/11/2017).

“Namun, KPK akan berupaya semaksimal mungkin menguatkan bukti dan memproses kasus ini dengan lebih maksimal,” kata Febri.

Meski demikian, Febri mengaku KPK belum menerima surat resmi dari Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.
Kabar mengenai pengajuan gugatan praperadilan oleh Novanto diketahui melalui pemberitahuan tak resmi dari pihak Humas PN Jakarta Selatan.

“Untuk permohonan praperadilan kami juga baru mengetahui dari pihak humas pengadilan. Surat sampai dengan tadi saya cek ke biro hukum juga belum diterima,” ucap Febri.

# Ditetapkan Sebagai Tersangka, Novanto Kembali Masuk RS Dan Ajukan Praperadilan (kmps/jmw-onvsoff)

Content Protection by DMCA.com