Hakim Vonis Buni Yani, Satu Tahun Enam Bulan Penjara

Buni Yani – @antara

ONVSOFF.com – Buni Yani divonis satu tahun enam bulan penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Kelas 1A Bandung.

Buni Yani dinyatakan bersalah kerena telah mengubah dan mengunduh video pidato mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. (Baca juga: Buni Yani Luapan Emosi Ke Jurnalis Dan Jaksa Penuntut Umum)

Ketua Majelis Hakim M Saptono menjelaskan Buni Yani terbukti bersalah sebagaimana diatur dalam pasal 32 ayat 1 junto Pasal 48 ayat 1 UU RI nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

“Mengadili terdakwa dengan hukuman satu tahun enam bulan penjara. Dan diperintahkan untuk segera ditahan,” ujar Saptono kepada Buni Yani di ruang sidang Bapusipda Kota Bandung Jawa Barat, Selasa, 14 November 2017.

Untuk pertimbangannya yang meringankan, terdakwa memiliki tanggung jawab keluarga dan belum pernah dihukum. Sedangkan yang memberatkan, terdakwa sebagai akademisi tidak memberikan contoh yang baik kepada masyarakat.

Saptono menegaskan, terdakwa terbukti telah mengubah isi dokumen eletronik dan mengunduh tanpa hak video pidato Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

“Dengan tambahan caption, telah dapat disimpulkan unsur menambah unsur cara apapun telah terpenuhi. Menimbang unsur pasal 32 ayat 1 jo apasal 48 UU ITE telah terpenuhi, terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan sebagai dalam dakwaan,” tegasnya.

“Berdasarkan fakta hukum terdakwa telah mengunduh tanpa izin melalui akun Facebook. Unsur tanpa hak telah terpenuhi. Unsur merusak, menghilangkan, menambah, mengurangi, terdakwa telah memenuhi unsur alternatif tersebut,” tambahnya.

# Hakim Vonis Buni Yani, Satu Tahun Enam Bulan Penjara(viva/jmw-onvsoff)

Content Protection by DMCA.com