Kanker Payudara Dapat Kembali 15 Tahun Setelah Sembuh

Kanker Payudara Dapat Kembali 15 Tahun Setelah Sembuh

@SCIENCE PHOTO LIBRARY

ONVSOFF.com – Meski sel kanker telah berhasil ditaklukan dengan menjalani berbagai pengobatan dan terapi, ternyata penderita kanker belum bisa benar-benar bernafas lega. Sebuah penelitian telah menemukan bahwa sel kanker, terutama kanker payudara, dapat muncul kembali setelah ‘tertidur’ selama 15 tahun.

(Baca juga: Duduk Terlalu Lama Tingkatkan Risiko Kanker)

Para ilmuwan dari Inggris menganalisis perkembangan kesehatan dari 63.000 pasien wanita penderita kanker selama 20 tahun, sebagian besar menderita kanker payudara. Jenis kanker yang perkembangannya dipicu oleh hormon estrogen. Hormon estrogen bisa merangsang sel kanker untuk tumbuh dan membelah diri.

Setiap pasien menerima pengobatan seperti tamoxifen atau aromatase inhibitor yang menghalangi efek estrogen atau mematikan suplai hormon. Setiap pasien telah menjalani pengobatan selama 5 tahun dan sel kanker telah dinyatakan hilang.

Namun mengejutkan, dalam 15 tahun sejumlah pasien menemukan bahwa sel kanker kembali menyebar ke seluruh tubuh mereka. Beberapa pasien baru mengalami hal tersebut setelah 20 tahun.

Menurut peneliti, pasien wanita yang memiliki tumor atau kanker yang telah menyebar ke empat atau lebih kelenjar getah bening, berisiko 40% kembali terserang kanker dalam 15 tahun ke depan. Sementara itu, pasien wanita dengan kanker tingkat rendah yang belum menyebar ke kelenjar getah bening hanya berisiko 10% kanker kembali dalam waktu yang sama.

“Sungguh luar biasa bahwa kanker payudara dapat terbengkalai begitu lama dan kemudian menyebar bertahun-tahun kemudian. Risiko ini tetap pada angka yang sama dari tahun ke tahun dan masih terkait dengan ukuran kanker yang pertama diderita, dan apakah telah menyebar ke nodus (getah bening)” ucap peneliti utama Dr Hongchao Pan, dari Universitas Oxford.

Penelitian yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine itu juga menunjukkan bahwa memperpanjang terapi hormon sampai 10 tahun mungkin lebih efektif untuk mencegah kembalinya sel kanker dan memastikan kematian sel kanker payudara. (rsn-onvsoff)

Content Protection by DMCA.com