Air Terjun Langka Di Pegunungan Keramat Suku Aborigin

Air Terjun Langka Di Pegunungan Keramat Suku Aborigin

ONVSOFF.com – Uluru yang dikenal juga dengan nama Ayers Rock adalah sebuah formasi batu pasir (sandstone) besar di Australia tengah dan salah satu landmark (ikon) alam yang paling dikenal dari negara tersebut.

Uluru bagi Suku Aborigin mempunyai arti penting, sehingga gunung batu yang terkenal gersang ini dianggap keramat bagi mereka. Baru-baru ini pemandangan langka pun datang dari pegunungan tersebut yaitu air terjun yang mengalir, yang hanya dapat dilihat beberapa jam saja oleh wisatawan, yaitu mulai pukul 09.00 waktu setempat.

Air Terjun Langka Di Pegunungan Keramat Suku Aborigin

Hujan memang mengguyur kawasan Uluru. Air terjun pun mendadak mengalir dari atas batu raksasa Uluru, di beberapa tempat sekaligus. Hal itu membuat pemandangan yang sangat menakjubkan.

Mulai pukul 11.45 waktu setempat, hujan mereda. Beberapa air terjun itu pun mulai berhenti, lanskap pun mengering seperti biasa. Warga dan wisatawan berbondong-bondong menyaksikan pemandangan ini karena dinilai sangat langka.

Air Terjun Langka Di Pegunungan Keramat Suku Aborigin

Pemandangan tersebut dinilai langka karena wilayah di mana Uluru terletak yaitu bagian selatan Northern Territory di Australia tengah adalah gurun, di mana curah hujan tahunan rata-rata sekitar 300 mm dan bahkan sangat bervariasi.

Meskipun hujan bisa jatuh setiap saat setiap tahun di sekitar Uluru, hujan deras sesekali terjadi antara November dan Maret. Pada saat tersebutlah monolit besar yang terkenal ini ditutupi dengan aliran air yang tak terhitung yang mengubah warna merah Ayers Rock yang biasa terlihat menjadi berwarna keunguan yang langka.

Lebih lanjut, dinas pariwisata kawasan Northern Territory (NT) memperkirakan hanya satu persen dari pengunjung Uluru mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan air terjun yang mengalir dari batu pasir raksasa ini. (jmw-onvsoff)