Video Nazi Ahmad Dhani Juga Disorot Media Israel

Video Nazi Ahmad Dhani Juga Disorot Media Israel

ONVSOFF.com – Salah satu media luar yang ikut memberitakan pemilu Indonesia adalah media dari Israel. Sebelumnya media israel membicarakan Capres dari PDIP Joko Widodo. (baca: Media Israel Ramai Bicarakan Jokowi).

Kini Sejumlah media internasional mempersoalkan video klip kampanye “We Will Rock You” Ahmad Dhani untuk Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa, karena menggunakan kostum yang mirip dengan seragam Komandan Satuan Elite Nazi Schutzstaffel SS bernama Heinrich Luitpold Himmler.

Setelah Harian terkemuka Jerman Der Spiegel dan portal majalah Amerika Serikat TIME, kini giliran surat kabar Time of Israel yang ikut bersuara. Media Negeri Yahudi itu menuliskan laporannya berjudul “Indonesian quasi-Nazi video causes stir”.

Dalam ulasannya pada Rabu 25 Juni 2014, Time of Israel menulis, video musik sebagai wujud dukungan dan penghargaan kepada Prabowo Subianto itu bikin gempar khalayak ramai.

“Queen, Nazisme, dan lirik berbahasa Indonesia merupakan kombinasi yang tampaknya aneh. Tapi pada saat suhu politik di negara di Asia Tenggara itu sedang memanas. Hal itu bisa terjadi,” tulis Times of Israel.

Media Israel tersebut juga menyamakan burung garuda yang terlihat di dalam video klip Ahmad Dhani dan penyanyi Indonesia Idol itu, dengan elang besi Kekaisaran Jerman dan elang Nazi.

“Salah satu musisi. Ahmad Dhani terlihat memegang garuda emas, burung lambang negara Indonesia, yang menyerupai elang Kekaisaran Jerman yang kemudian menjadi dasar ikonik elang Nazi,” tulis Times of Israel.

Portal berita Negara yang berbatasan dengan Palestina itu juga mengutip tanggapan Ahmad Dhani atas kritik yang dihujani kepada dirinya terkait video klip kampanye tersebut.

“Apa hubungannya antara tentara Jerman dan Indonesia?” ujar Dhani yang dimuat Times of Israel. “Kami rakyat Indonesia tidak membunuh jutaan orang Yahudi kan?” (*lip6/jmw-onvsoff)