Tradisi Nyekar Makam Di Hari Lebaran

Tradisi Nyekar Makam Di Hari Lebaran

ONVSOFF.com – Para peziarah memenuhi area pemakaman Taman Makam Kongsi, Rempoa, Senin (28/07/2014). Bertepatan dengan hari raya Idul Fitri, sehabis melaksanakan sholat Idul Fitri, para warga di kampung Rempoa, Bintaro, Tangerang Selatan, berbondong-bondong mendatangi makam sanak saudara masing-masing yang telah meninggal. Kegiatan nyekar makam ini sudah menjadi tradisi warga asli kampung Rempoa secara turun temurun.

Para peziarah datang tidak hanya dengan membawa buku doa, bunga tabur dan air mawar, mereka juga membawa peralatan kebersihan seperti kain lap, sapu dan pacul untuk mencabuti tanaman-tanaman liar yang tumbuh di sekitar makam.

Tradisi nyekar ini, menurut salah seorang peziarah, dilakukan oleh keluarga besarnya sebanyak dua kali dalam setahun, salah satunya di hari lebaran. Kegiatan ini selain sebagai tanda bakti kepada orangtua dan sanak saudara yang telah meninggal, juga bertujuan untuk menjalin silaturahmi antar sesama warga kampung. Para peziarah yang bertemu di area makam, memanfaatkan pertemuan itu sebagai ajang bertegur sapa dan bersalam-salaman saling mengucapkan maaf.

Banyaknya jumlah peziarah yang datang membuat pedagang bunga tabur menyiapkan stok dagangannya berupa bunga tabur dan air mawar lebih banyak dari biasanya. Selain itu juga bermunculan orang-orang yang menjual jasa untuk membersihkan makam, yang sangat berguna bagi peziarah yang tidak sempat membawa peralatan bersih-bersih dari rumah. (rsn-onvsoff)