Kerangka Bayi Tertinggal Di Perut Wanita India Selama 38 Tahun

Kerangka Bayi Tertinggal Di Perut Wanita India Selama 38 Tahun

ONVSOFF.com – Seorang wanita di India diperkirakan merupakan wanita dengan kasus kehamilan ektopik (janin tumbuh di luar rahim) terpanjang di dunia. Di dalam perut Jyoti Kumar, 62 tahun, tim dokter ditemukan kerangka bayi yang tertinggal disana sejak 38 tahun yang lalu.

Jyoti hamil pada tahun 1978 saat itu Jyoti berusia 24 tahun. Pada kehamilan itu dokter memperingatkan bahwa bayi yang dikandung Jyoti hanya memiliki sedikit kesempatan untuk bertahan hidup, dikarenakan janin tersebut tumbuh di luar rahimnya.

Kerangka Bayi Tertinggal Di Perut Wanita India Selama 38 Tahun

Seperti dilansir Dailymail, 20/8/14, karena takut membayangkan akan dioperasi, Jyoti memutuskan untuk meninggalkan penanganan medis dan memilih pengobatan di desanya untuk mengatasi rasa sakitnya tanpa menjalani operasi. Namun 38 tahun kemudian, saat Jyoti sudah berusia 62 tahun, ia kembali merasakan nyeri di perutnya.

Jyoti kemudian mengunjungi dokter di NKP Salve Institute of Medical Sciences, Nagpur. Dokter menemukan benjolan di perutnya lalu melakukan scan MRI karena khawatir benjolan tersebut adalah kanker. Tapi scan MRI mengungkapkan bahwa benjolan tersebut sebenarnya adalah kerangka bayi.

Tim ahli bedah kemudian mengangkat gumpalan berisi kerangka bayi yang ditemukan di antara rahim, usus dan kandung kemih, dalam bentuk padat menempel di semua organ. “Cairan ketuban yang melindungi janin mungkin telah diserap dan membentuk jaringan lunak dari waktu ke waktu.” kata Dr Mohammad Yunus Shah, salah satu ahli bedah yang menangani pengangkatan tersebut.

Dr Shah mengatakan bahwa kemudian timnya mencari literatur medis pada kasus serupa dan menemukan seorang wanita Belgia yang telah mempertahankan sisa-sisa kehamilan ektopik selama 18 tahun. “Kami percaya ini merupakan kasus kehamilan ektopik terpanjang dalam sejarah medis.” (rsn-onvsoff)