Sirenomelia, Sindrom Fatal Penyebab Manusia Bersosok Putri Duyung

Sirenomelia, Sindrom Fatal Penyebab Manusia Bersosok Putri Duyung

ONVSOFF.com – Kisah Putri duyung telah hidup dalam fantasi, dongeng dan cerita rakyat selama lebih dari ribuan tahun. Namun konsep awal makhluk mistis bertubuh manusia dengan kaki seperti ekor ikan ini, diduga berasal dari sebuah kondisi medis yang nyata, yang disebut Sirenomelia.

Seperti dilansir Dailymail, 26/9/14, Sirenomelia atau yang lebih dikenal dengan sebutan ‘sindrom putri duyung’ merupakan kondisi dimana kaki kekurangan suplai darah saat dalam kandungan, sehingga menyebabkan pembentukan kaki tidak sempurna.

Sirenomelia, Sindrom Fatal Penyebab Manusia Bersosok Putri Duyung

Sejarawan medis, Lindsey Fitzharris, mengatakan hal itu terjadi ketika tali pusat gagal untuk membentuk dua arteri, hanya menyisakan suplai darah yang cukup untuk satu ekstremitas sehingga terbentuklah satu kaki menyerupai ekor ikan di dalam rahim.

Kondisi ini sangat langka, mempengaruhi satu dari 100.000 bayi yang lahir, namun 100 kali lebih mungkin terjadi pada kembar identik. Bayi yang lahir dengan kondisi ini jarang bertahan hidup lebih dari beberapa hari, separuh kasus Sirenomelia mengakibatkan bayi langsung meninggal saat dilahirkan.

Dr Fitzharris, penulis blog The Chirurgeon Apprentice, mengatakan: “Selama penelitian saya, saya hanya menemukan sangat sedikit tentang sejarah dari sindrom ini. Ada potongan di sana-sini yang mengklaim bahwa janin yang lahir dengan Sirenomelia terkadang diawetkan dalam stoples dan dipajang pada abad ke-19 untuk memperlihatkan manusia yang aneh. Tapi sumber ini hanya samar-samar dan tidak bisa dibuktikan kepastiannya”

“Ada penyebutan singkat dari kondisi dalam atlas empat jilid yang diterbitkan pada tahun 1891 berjudul monstrositas manusia, tapi tidak ada yang mengisyaratkan bagaimana praktisi medis memahami sirenomelia pada periode sebelumnya. Mungkin karena gangguan ini sangat langka, itu juga sulit bagi saya untuk menemukan spesimen dalam koleksi anatomi.” lanjutnya. (jmw-onvsoff)