Snowden: “NSA Sadap Erdogan”, Hubungan AS-Turki langsung Memanas

Snowden: “NSA Sadap Erdogan”, Hubungan AS-Turki langsung Memanas

ONVSOFF.com – Edward Snowden kembali membuat Amerika Serikat (AS) kebakaran jenggot. Melalui media Jerman Der Spiegel, Snowden menyebut AS telah melakukan penyadapan di Turki.

Dalam artikelnya, Der Spiegel menulis sejak 2006 Badan Keamanan Nasional AS (NSA) telah melakukan penyadapan terhadap sejumlah pemimpin Turki. Penyadapan tersebut dilakukan dalam skala besar.

Menurut mingguan Jerman itu, tujuan penyadapan AS adalah mengumpulkan informasi strategis terkait kepemimpinan Perdana Menteri (PM) Reccep Tayyip Erdogan.

Tidak hanya di Ankara, AS juga melakukan penyadapan terhadap Kedutaan Besar Turki di negaranya. Selain kedubes Turki, Negeri Adidaya juga melakukan tindakan itu terhadap Perwakilan Misi Turki di PBB yang berada di New York.

“NSA menempatkan Turki selevel dengan Venezuela dan ada depan Kuba, negara-negara tersebut adalah negara yang penting dikumpulkan data intelijennya,” tulis Der Spiegel, seperti dikutip dari The News, Selasa (2/9/2014).

Der Spiegel juga menyebutkan, tidak cuma AS yang melakukan penyadapan di Turki, Inggris turut melakukan hal yang sama. Di samping penyadapan, AS diduga membagi hasil penyadapan tersebut kepada sekutunya yaitu Kanada, Inggris, Australia dan Selandia Baru.

Merespons laporan Der Spiegel, Turki resmi memanggil Kuasa Usaha AS di negaranya. Namun, Turki belum mengambil tindakan lebih lanjut terkait hal ini.(acw/jmw-onvsoff)