Facebook Sebelum Tidur, Turunkan Nilai Siswa Di Sekolah

Facebook Sebelum Tidur, Turunkan Nilai Siswa Di Sekolah

ONVSOFF.com – Menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, atau Path sebelum tidur, kini telah menjadi kebiasaan baru di kalangan remaja di seluruh kota-kota maju di dunia. Namun menurut penelitian, kebiasaan itu ternyata dapat menurunkan nilai mereka di sekolah sebesar 20 persen lebih buruk.

Para peneliti dari University College London, Inggris, melakukan survei terhadap anak remaja usia 16 hingga 19 tahun. Mereka menemukan bahwa 70 persen dari jumlah remaja yang mengikuti survei, terbiasa menggunakan media sosial sebelum tidur untuk berkomunikasi dengan teman-teman mereka. Dan sebagian besar dari mereka mendapatkan nilai yang lebih rendah di sekolah.

Berdasarkan survei tersebut para peneliti menemukan bahwa penggunaan media sosial dalam waktu 30 menit sebelum tidur, membuat para siswa mengalami penurunan hingga 20 persen dari nilai ujian mereka di sekolah.

Seperti dilansir Dailymail, 1 Desember 2015, para peneliti mengatakan bahwa itu disebabkan oleh penggunaan media sosial yang mungkin merangsang otak untuk aktif kembali. Hal itu akan membuat remaja kesulitan untuk mendapatkan tidur yang nyenyak setelah itu.

“Tidur sangat penting untuk proses otak seperti konsolidasi memori dan kinerja akademik. Stimulasi dari chatting online dan cahaya dari perangkat itu sendiri dapat membuat remaja sulit tertidur, karena aktivitas yang mereka lakukan dapat memblokir pelepasan hormon tidur melatonin yang dipicu oleh kegelapan” ucap Dr Dagmara Dimitriou yang memimpin studi tersebut.

Tidur yang cukup bagi anak usia remaja dianjurkan sebanyak sepuluh jam. Waktu tersebut cukup untuk membuat otak berfungsi dengan baik saat mereka di sekolah keesokan harinya. Karena itu para peneliti menyarankan kepada para orang tua untuk mengontrol penggunaan gadget sebelum tidur pada anak-anak mereka. (rsn-onvsoff)