Nyawa Bayi Ini Terancam Jika Dikecup Oleh Ibunya

Nyawa Bayi Ini Terancam Jika Dikecup Oleh Ibunya

ONVSOFF.com – Samuel Roberts, merupakan bayi berusia 3 bulan yang terlihat normal seperti bayi pada umumnya. Namun sejak ia dilahirkan, bahkan ibunya sendiri belum pernah mengecup keningnya. Samuel lahir dengan kondisi langka yang bisa membuatnya terbunuh hanya dengan satu kecupan dari ibunya.

Samuel lahir dengan imunodefisiensi gabungan yang parah, atau dikenal dengan SCID (severe combined immunodeficiency). Samuel memiliki kelainan pada kekebalan tubuhnya yang membuat ia tidak mampu melawan infeksi seringan apapun.

Kebanyakan bayi penderita SCID akan meninggal dalam waktu 12 bulan jika mereka tidak mendapatkan pengobatan. Karena itu Samuel menjalani transplantasi sumsum tulang belakang untuk memulihkan kondisinya

Orang tua Samuel, Pamela Roberts dan Ian Miller, dari Prescot, Liverpool, Inggris, sudah mengetahui bahwa bayi mereka akan menderita SCID. Saudara laki-laki Pamela juga memiliki SCID, kondisi ini diturunkan secara genetik dan hanya mempengaruhi anak laki-laki. Karena itu Pamela melakukan berbagai tes sejak tahap awal kehamilannya.

“Saya tahu apa yang akan dialaminya jika ia menderita SCID dan saya tidak ingin mengambil risiko itu, sehingga saya segera mendatangi pusat pelayanan genetika di Alder Hey Hospital. Dokter spesialis mengekstrak sampel DNA Samuel, sehingga mereka dapat menemukan donor sumsum tulang belakang sebelum ia lahir” ucap Pamela.

Setelah menjalani serangkaian pengobatan, kini Samuel sedang dalam masa pemulihan. Namun masih ada serangkaian pengobatan lagi yang harus ia lakukan sebelum benar-benar sembuh dan bisa tumbuh seperti anak normal lainnya. (rsn-onvsoff)