Trump Tandatangani Kesepakatan Senjata Dengan Arab Saudi

ONVSOFF.com – Dalam perjalanan luar negerinya yang pertama sebagai presiden Amerika Serikat, Donald Trump memastikan kesepakatan senjata dengan Arab Saudi senilai $ 350 Miliar selama 10 tahun, dengan hampir $ 110 Miliar akan diberlakukan segera. Kesepakatan tersebut dikatakan untuk meningkatkan keamanan dalam menghadapi ancaman Iran.

“Paket persenjataan dan layanan pertahanan ini mendukung keamanan jangka panjang Arab Saudi dan kawasan Teluk dalam menghadapi pengaruh Iran yang tidak semestinya dan ancaman terkait Iran. Selain itu, ini akan memperkuat kemampuan Kerajaan untuk menyediakan keamanannya sendiri dan terus berkontribusi terhadap operasi kontra-terorisme di seluruh wilayah, mengurangi beban pasukan militer AS” ucap Departemen Luar Negeri AS dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu kemarin.

Presiden AS Donald Trump, bersama dengan Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson, yang menemaninya dalam perjalanan tersebut, menghadiri sebuah penandatanganan untuk kesepakatan penjualan senjata senilai hampir $ 110 miliar bersama Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud, di Riyadh.

“Paket ini menunjukkan komitmen Amerika Serikat terhadap kemitraan kami dengan Arab Saudi, sementara juga memperluas peluang bagi perusahaan Amerika di kawasan ini. Kesepakatan itu juga berpotensi mendukung puluhan ribu lapangan kerja baru di Amerika Serikat” bunyi dari kesepakatan tersebut.

Penjualan dalam kesepakatan tersebut mencakup lima kategori yaitu keamanan perbatasan dan pesisir, keamanan dunia maya, modernisasi angkatan udara, serta pertahanan udara dan rudal.

Tank, artileri, helikopter, dukungan udara ringan, pesawat pengumpulan-intelijen, dan sistem seperti Patriot dan THAAD hanyalah beberapa di antara daftar senjata dan mesin besar yang akan dijual ke Riyadh.

Sebuah sistem perangkat lunak, satu paket satelit, serta kendaraan tempur dan artileri juga dilaporkan merupakan bagian dari negosiasi. Amunisi senilai lebih dari $ 1 miliar, termasuk Lapisan Penetrator Penembak Gerimis dan bom dipandu laser Paveway yang dibuat oleh Raytheon, mungkin juga disertakan dalam paket tersebut. (rt/rsn-onvsoff)