DPR Akan Polisikan Ketua KPK, Fadli Zon: Itu Bukan Sikap Resmi

ONVSOFF.com – Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyebut rencana DPR mempolisikan Ketua KPK Agus Rahardjo masih sebatas wacana. Fadli berpendapat, jika itu sudah menjadi tindakan, harus sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

“Itu kan bukan pernyataan sikap resmi, belum, nanti kita lihat. Kalau misalnya ada hal yang semacam itu, kan pasti melalui rapat, ada tersurat. Saya kira masih merupakan lontaran-lontaran,” ujar Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (5/9/2017).

Fadli juga menganggap ucapan Ketua KPK Agus Rahardjo tentang bisa menjerat Pansus Angket KPK dengan Undang-Undang Tipikor masih sebatas wacana. Ia menjelaskan kerja Pansus Hak Angket untuk KPK di DPR adalah bagian dari pengawasan dan dijamin oleh Undang-Undang Dasar.

“Saya kira apa yang dilakukan oleh DPR dalam membentuk Pansus itu sudah diatur dan Pansus itu sudah ada di dalam lembaran negara,” jelasnya.

“Jadi mestinya persoalan prosedural dan apa yang menjadi hak DPR itu tidak bisa diganggu karena itu bagian dari pengawasan dan dijamin oleh UUD kita,” ucap Fadli.

Fadli menerangkan, meski Partai Gerindra tidak berada dalam Pansus Hak Angket KPK, dia tetap membawahi dan mengkoordinasi hal itu. Sehingga soal waktu perpanjangan Pansus, ia mengatakan harus mendengar laporan terlebih dahulu saat sidang paripurna 28 September mendatang.

“Hasil-hasilnya seperti apa, nanti kita lihat saja dan ini menurut saya yang harus menjadi kewajiban dari Pansus untuk melihat, menginvestigasi, atau pendalaman seperti apa di dalam persoalan KPK, pengawasan terhadap KPK,” terangnya.(jmw-onvsoff/detik)