Pendapat Sejumlah Tokoh Tentang Vonis Buni Yani

Pendapat Sejumlah Tokoh Tentang Vonis Buni Yani

Buni Yani -@antara

ONVSOFF.com – Buni Yani divonis satu tahun enam bulan penjara karena terbukti bersalah mengedit video pidato Ahok. Vonis ini lebih ringan dari tuntutan jaksa yakni 2 tahun penjara plus denda Rp100 juta.

Berhubungan dengan vonis Buni Yani ini sejumlah tokoh pun menyampaikan pendapatnya. (Baca juga: Divonis Satu Tahun Enam Bulan Penjara, Buni Yani Tidak Ditahan)

Berikut ulasan pendapat beberpa tokoh yang dihimpun reinha.com.

1. Fahri Hamzah

Fahri Hamzah menyatakan polemik soal kasus Buni Yani harus sesegera mungkin diakhiri.
Sebagaimana diberitakan Kompas.com, Fahri menyatakan pihak yang merasa mengalami kerugian bisa menempuh upaya hukum lanjutan.

“Tetapi, kita sebagai pengambil kebijakan harus melihat, terjadinya polarisasi dalam masyarakat akibat kasus Ahok-Buni dan lain-lain itu, harus dihentikan. Itu tidak sehat bagi kita,” kata Fahri.

Di sisi lain, Fahri juga khawatir polemik ini memberikan dampak besar pada pesta demokrasi pemilihan Presiden, 2019 mendatang.

“Saya khawatir melebar sampai Pilpres,” ucap Fahri.

2. Zulkifli Hasan

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) mengetahui keadaan dimana banyak masyarakat yang berharap agar Buni Yani lepas dari jeratan hukum.

Meski begitu, dijelaskannya, putusan pengadilan harus dihormati oleh semua pihak. “Kan sebagian besar juga minta dibebaskan. Tapi apa pun sudah putusan pengadilan. Kita sebagai negara hukum harus hormati putusan itu,” kata Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (14/11/2017), sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Senada dengan Fahri Hamzah, Zulkifli pun mengatakan jika Buni Yani tak terima akan putusan tersebut maka bisa mengajukan banding.

“Kalau memang tidak puas kan bisa banding,” tutur Ketua MPR RI itu.

3. Ahok

Dijelaskan I Wayan Sudirta, pengacaranya, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sudah mengetahui tentang putusan hakim untuk Buni Yani tersebut.

“Pak Ahok saya rasa sudah tahu soal vonis itu, saya hanya dapat informasi kalau keluarganya sudah tahu akan hal itu. Saya menyimpulkan dia (Ahok) sudah tahu (vonis terhadap Buni Yani),” kata Wayan saat dihubungi Kompas.com, Selasa (14/11/2017).

Adapun, berkaitan dengan vonis yang diberikan pada Buni Yani, tim pengacara Ahok beranggapan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut tak layak untuk dihukum.

Meski begitu, Wayan menyebut pihaknya enggan gegabah dalam mengambil langkah.

“Ke depan langkahnya tentu akan didiskusikan, karena bagi Pak Ahok pengorbanan untuk kepentingan masyarakat adalah bagian dari perjuangannya walaupun pahit. Kita lihat perkembangannya nanti,” terang Wayan.

# Pendapat Sejumlah Tokoh Tentang Vonis Buni Yani (trbn/jmw-onvsoff)