Penelitian: Pil KB Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

Penelitian: Pil KB Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

pil kb – @u-report

ONVSOFF.com – Pil KB merupakan salah satu andalan para wanita untuk menjaga dari kehamilan yang tidak direncanakan. Namun sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada bahaya dibalik penggunaan pil KB. Ternyata pil KB dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara.

Penelitian ini dilakukan oleh para ilmuwan di Denmark, dimana setiap penduduk berada dalam daftar kunjungan medis dan pembelian obat-obatan. Para peneliti melacak hampir 1,8 juta wanita mulai dari tahun 1995 dan membandingkan jumlah mereka yang membeli kontrasepsi hormonal seperti pil KB dengan wanita yang menderita kanker payudara.

(Baca juga: Bekatul, Pakan Ternak Yang Sangat Baik Bagi Kesehatan)

“Secara keseluruhan, penggunaan kontrasepsi berbasis hormon selama lima tahun atau lebih dapat meningkatkan risiko kanker payudara wanita sebesar 20 persen” menurut Lina Morch dari University of Copenhagen dan rekannya, yang melaporkan hasil penelitian dalam New England Journal of Medicine.

Risiko kanker payudara berkisar antara kenaikan 9 persen di antara wanita yang menggunakan pil KB selama satu tahun atau kurang, dengan risiko 38 persen lebih besar jika seorang wanita menggunakannya selama 10 tahun atau lebih.

Bahkan pil KB baru yang dikatakan memiliki dosis rendah tetap meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita, walaupun sebenarnya bahayanya “cukup kecil”, menurut para periset yang melaporkan temuan pada hari Rabu, 6 Desember 2017.

Para periset juga menyebutkan bahwa kontrasepsi hormonal lain seperti cincin vagina, implan dan beberapa IUD tampaknya meningkatkan risikonya, walaupun tidak setinggi pil KB.

Ini adalah kekecewaan bagi dokter yang berharap bahwa dosis hormon yang lebih rendah dalam kontrasepsi oral dan non-pil mungkin lebih aman daripada pil KB yang terdahulu. Namun para dokter tidak menyarankan para wanita untuk merasa takut dan meninggalkan pil KB.

“Hanya ada satu kasus ekstra kanker payudara dalam setiap 7.690 wanita yang menggunakan pil KB. Ini sangat kecil, tapi tidak berarti itu nol. Ya, kontrasepsi hormonal bisa meningkatkan risiko kanker payudara, namun risiko absolut kanker payudara tetap kecil” ucap Dr. Rebecca Starck, seorang ginekolog di Klinik Cleveland, yang tidak terlibat dalam penelitian.

Kanker payudara adalah kanker pembunuh terbesar kedua terhadap wanita Amerika, setelah kanker paru-paru. American Cancer Society mengatakan bahwa setiap tahunnya kanker tersebut didiagnosis pada 200.000 wanita dan beberapa pria, dan membunuh sekitar 40.000 orang.

National Cancer Institute memperkirakan bahwa 12,4 persen wanita yang lahir di Amerika Serikat akan mengembangkan kanker payudara pada suatu waktu selama hidup mereka. Itu kira-kira berarti risiko seumur hidup 12 persen bagi wanita, walaupun banyak faktor yang mempengaruhi risiko kanker payudara.

Faktor lain yang meningkatkan risiko kanker payudara termasuk merokok, obesitas, memiliki anak di akhir umur, sama sekali tidak mempunyai anak dan tidak pernah menyusui. Risiko kanker payudara setiap wanita meningkat seiring bertambahnya usia.

# Penelitian: Pil KB Tingkatkan Risiko Kanker Payudara (rsn-onvsoff)