TNI AU Terima 24 Jet Tempur F-16 Dari Amerika Serikat

TNI AU Terima 24 Jet Tempur F-16 Dari Amerika Serikat

Sebanyak 16 unit pesawat F-16 hibah dari AS akan ditempatkan di Skuadron Udara 16 Lanud Pekanbaru, dan 8 unit di Skuadron Udara 3 Lanud Madiun. (REUTERS/Hamad I Mohammed)

ONVSOFF.com – Sebanyak 24 unit pesawat jet tempur F-16 C/D yangditerima oleh TNI Angkatan Udara, pesawat ini  merupakan hibah dari Amerika Serikat.

Penyerahan pesawat tempur F-16 tersebut dilakukan di Lanud Iswahjudi, Madiun, Jawa Timur dan disaksikan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Yuyu Sutisna, dan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Mulyono.

(Baca juga: Adik Ahok Ungkap 4 Kekhilafan Hakim Yang Menjadi Alasan PK)

Dalam kesempatan tersebut, Ryamizard berharap kehadiran F-16 di lingkungan TNI AU dapat mewujudkan gelar pertahanan negara untuk menghadapi berbagai ancaman yang berpotensi menganggu stabilitas keamanan Indonesia. Mantan KSAD itu pun meminta TNI AU untuk merawat dan menjaga alutsista yang dimilikinya sehingga memiliki usia pakai yang optimal.

“Laksanakan tugas serta melaksanakan latihan secara rutin, bertahap dan berlanjut guna menambah jam terbang dan meningkatkan profesionalisme prajurit”, kata Ryamizard dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (28/2).

Lebih lanjut, Ryamizard menuturkan serah terima 24 unit pesawat F-16 tersebut sebagai wujud berjalannya Program Management Office (PMO) yang dilakukan dengan Amerika Serikat. Selain itu, juga menjadi bukti komitmen kerja sama antara Indonesia dan Amerika Serikat di bidang pertahanan.

Rencananya, sebanyak 16 unit pesawat F-16 tersebut akan ditempatkan di Skuadron Udara 16 Lanud Pekanbaru, dan delapan unit lainnya ditempatkan di Skuadron Udara 3 Lanud Iswahjudi, Madiun.

# TNI AU Terima 24 Jet Tempur F-16 Dari Amerika Serikat